4 Tips Bagi Pendamping Survivor Kanker Serviks Dari Nia Anggia D'Perez

Empat bulan lamanya kurang lebih Nia Anggia D'Perez, menemani masa-masa genting kesehatan sang kakak, Julia Perez. Pemilik nama Yuli Rahmawati tersebut meninggal pada 10 Juni 2017 lalu setelah melawan penyakit kanker serviks stadium empat.

Sebagai pendamping penyintas (survivor) kanker, tentunya tugas tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Menurut Nia, seorang pendamping harus memiliki segalanya di atas sang penyintas.

Setidaknya seorang pendamping itu tidak boleh menunjukkan kelemahan atau kesedihannya di depan sang survivor. Bahkan harus menjadi penyemangat para penderita penyakit kanker serviks itu. (Baca: Apakah Saya Punya Kanker Serviks  ? Bagaimana Saya Bisa Tahu ?)

Nia berharap mereka tak putus asa untuk mendukung kesembuhan mereka. Jadi buat Anda para pendamping survivor, berikut beberapa tips dari Nia dalam menjalani tugas  tersebut:

Beri Dukungan

Seorang pendamping wajib dan harus terus menerus memberi dukungan. Hal ini untuk menjaga stabilitas psikologis penderita kanker, terutama kesedihannya. Nah di sini, peran itu harus datang dari keluarga dan orang terdekatnya.

Berpikir positif

Pendamping harus selalu menjaga pikiran Anda dalam kondisi positif. Karena kalau tidak, kondisi tersebut mau tidak mau akan berdampak pada sang survivor. (Baca: Mau Vaksin HPV, Siapin Ini Dulu Yuk!)

Bersikap Tegas

Pendamping survivor juga harus tegas. Kalaupun harus "galak" kenapa tidak? Contoh sederhana, misalnya melarang makanan yang pantangan, jangan pernah ragu untuk melakukannnya

Ingat, tegas itu bukan berarti jahat. Terkadang, kita tidak bisa membedakan tegas dengan jahat. Sebab bila melanggar pantangan untuk makan, jangan sampai malah akan menambah efek buruk.

 Harus Lebih Kuat

Salah satu kunci utamanya juga adalah jangan pernah lelah dalam memberikan dukungan. Ini berlaku baik secara fisik maupun mental. Harus kuatkan psikologis, menjadi baja yang akan mendampingi sang survivor. (Baca: Seberapa Dekat Kita Dengan HPV? Ini 5 Faktor Yang Bikin Kamu Lebih)

Dapatkan Notifikasi Artikel Terbaru!

Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada artikel terbaru!